Perbedaan Radio HT Digital dengan Analog 2

Radio HT Digital vs. Analog

Kami akan memberikan perbandingan yang sederhana mengenai HT digital dengan analog sehingga Anda setidaknya dapat memahami perbedaannya.

Perbedaan dari HT digital dan analog adalah dari cara sinyal dikirim dan diterima.

Dilihat dari gambar diatas bahwa resistensi sinyal digital lebih panjang sebelum menurun kebawah. Semakin menurun sinyal semakin turun kekuatannya.

Dibawah ini adalah perbedaan gelombang digital dengan gelombang analog

                 

Bisa dilihat bahwa sinyal digital memiliki rentang nilai yang sangat terbatas hingga ia tidak menghadapi distorsi berarti. Sedangkan sinyal analog memiliki rentang yang agak panjang sehingga menurunkan kualitas transmisi.

Kelebihan sinyal Digital

Jarak jangkau yang lebih baik: Radio dua arah digital menawarkan kualitas audio yang lebih baik pada jarak yang jauh lebih besar daripada analog. Peningkatan kualitas dan jangkauan dicapai melalui resistensi yang lebih baik terhadap gangguan dari sinyal lain dan menghindari fluktuasi transmisi dan penerimaan yang cukup khas analog.

Baterai lebih hemat: Sinyal analog membutuhkan banyak daya, sedangkan sinyal digital membuat daya baterai 40% lebih lama.

Sinyal digital lebih kebal terhadap kebisingan, karena sinyal digital lebih mudah untuk mengirimkan atau menerima sinyal. Jika dilihat dari gambar dibawah pola sinyal digital tidak mengalami penurunan yang berarti, sinyal digital itu diskrit, sinyal analog itu sinus/ berulang

Sinyal-digital-diskrit Sinyal-analog-kontinu     

 

Apakah sinyal analog dan digital bisa saling terhubung?

 Tidak bisa, Radio analog tidak dapat mengirim atau menerima sinyal digital.

Namun, banyak HT digital dapat diubah ke mode analog sehingga mereka dapat mengirimkan sinyal analog.

Jadi anda tidak usah kuatir apabila anda mau beralih ke HT digital sedangkan anda atau perusahaan anda masih mempunyai stok HT analog.

Memang radio komunikasi digital adalah masa depan untuk radio komunikasi, meskipun harganya saat ini masih agak mahal dibanding analog.

Beberapa contoh HT digital disini

Apabila ada pertanyaan atau ingin berdiskusi bisa di ketik di kolom komen dibawah.

2 Comments

  1. maaf, mohon info apa yg harus kami lakukan terhadap 6 unit ht digital baru kami dengan 20 unit analog yang lama ?
    apakah kami bisa setting sendiri atau harus melalui service resmi ?

    1. bisa di setting sendiri dengan menggunakan softwarenya, biasanya toko yang menjual juga bisa setting frekuensinya. jadi kalau mau disambung ht digital dengan analog maka di ht digital di setting analognya, sedangkan digitalnya hanya untuk sesama ht digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL