Perbedaan Frekuensi VHF dan UHF 55

Satu faktor lagi dalam menentukan seberapa jauh radio dua arah akan berkomunikasi adalah frekuensi yang digunakan dan lingkungan di mana frekuensi digunakan.

Yang membedakan diantara 2 frekuensi handy talky ini adalah jenis gelombangnya

Sinyal dapat menembus dinding, tanaman, manusia, kayu, sekat ruangan, dan benda padat lainnya, namun semua benda ini akan mengurangi kekuatan sinyal. Semakin padat objek yang ditembus semakin mengurangi jarak tempuh sinyal.

Sinyal VHF menembus hambatan lebih baik daripada sinyal UHF.

VHF memang unggul apabila diluar ruangan, namun bila didalam ruangan atau didalam gedung (tidak menjadi patokan karena tergantung hambatan dalam gedung) apabila sinyal VHF dapat menembus 5 lantai maka sinyal UHF dapat menembus 8 lantai sekali lagi tergantung hambatan masing-masing ruangan, bahkan hampir semua basement gedung tidak dapat menembus sinyal sama sekali keluar dikarenakan tebalnya beton yang menahan lantai diatasnya.

Untuk penggunaan kebanyakan sinyal VHF lebih banyak digunakan, bisa menjadikan sinyal UHF lebih sedikit penggunannya sehingga jarang terbentur dengan pengguna UHF lain.

Apabila sinyal VHF dan UHF sama-sama ditransmisikan, sinyal VHF satu kali lebih cepat. Apabila kebutuhan anda lebih banyak diluar ruangan maka frekuensi VHF adalah pilihan terbaik, apalagi dengan memasang antena semakin tinggi maka semakin jauh anda dapat mengirim dan menerima sinyal, tentunya dengan menggunakan radio rig apabila ingin menggunakan antena diatas rumah atau bangunan.

Namun apabila anda ditengah-tengah hutan lebat malah sinyal UHF sedikit lebih baik dari VHF.

Dikarenakan lebih baiknya sinyal VHF untuk sebagian besar lokasi akibatnya merk-merk HT di Indonesia kebanyakan beredar frekuensi VHF begitu juga dengan radio rig. Bahkan utuk radio rig agak sulit menemukan merk yang menjual frekuensi UHF.

55 Comments

  1. Izin Min ,Saya punya HT Motorola GP 338 VHF dan teman sy punya HT Motorola GP 338 UHF , Apakah bisa connect klw beda frekuensi ?

    1. Kalau beda frekuensi tidak bisa connect pak. Harus sama frekuensinya.

    2. Kalo sama type gitu, lihatnya dimana UHF sama VHF ?

      1. Salah satunya bisa dilihat dari antenanya (Bawaan antena asli Motorola):
        – VHF seperti ini: Antena Motorola VHF
        – UHF 350 seperti ini: Antena Motorola UHF 350
        – UHF 403 seperti ini: Antena Motorola UHF403

      2. Mau tanya antena uhf dipake itk rig vhf bisa apa tidak. Sblmnya thanks.

        1. Sebaiknya jangan, selain nanti tidak optimal dapat merusak perangkat juga lama kelamaan

    3. Apakah radio saya vhf bisa tetap terhubung dengan radio uhf jika sama” dalam 1 glombang frequensi .

      1. kalau vhf dan uhf tidak bisa terhubung pak karena mereka beda gelombang frekuensi. vhf di 136-174, uhf di 330-400 dan satu lagi uhf di 400-470

  2. kalau radio vhf pakai antena uhf itu gimana gan?

    1. Sebaiknya jangan gan, bisa merusak radionya

  3. Ada ngga softwere cp1660 yg bisa mengubah uhf menjadi vhf?

    1. frekuensi tidak bisa dirubah pak

  4. Saya punya GP338 dan CP1660 bisa connect ga ya ?

    1. Kalau frekuensinya sama bisa nyambung

  5. Buat keamaan komplek bagusan frekuensi apa min?

    1. VHF bisa pak, wattnya lebih tinggi dari uhf

  6. apakah antena radio bisa untuk menerima siaran tv frekuensi vhf?

    1. beda frekuensi pak kalau radio komunikasi. TV lebih lebih lebar range frekuensinya

  7. Saya punya Baofeng BF-888S (VHF/UHF FM TRANSCEIVER) dapatkah terkoneksi ke HT WLN frekwensi UHF

    1. Frekuensi UHFnya bisa nyambung pak. Biasanya walkie talkie di UHF 400 keatas.
      Disamakan dulu frekuensinya yah pak.

  8. Gan, mhn info apakah ht uhf bisa dijadikan ht vhf dengan mengganti antenna dan setting ulang frekuensinya? Atau mungkin cara lainnya? Terimakasih

    1. Tidak bisa gan kalau frekuensi diganti

  9. halo om, sy pakai HT didalam rumah, utk komunikasi dgn kantor yg berjarak sekitar 100m dari rumah, tapi kenapa suara yg dihasilkan kresek2 ya? kayak kecil gitu suaranya, selama ini sy pakai VHF, apakah UHF bisa lebih baik? HT yg sy pakai baofeng A58pro, yg satunya lagi Comteck UV82, makasih sebelumnya ya om

    1. Seharusnya 100m tidak ada masalah, kecuali memang ada hambatan yang tebal didekat lokasi.
      Coba di cek pakai power meter apakah watt HTnya sesuai.
      Untuk produk yang disebutkan diatas kami belum pernah jual.

      1. Gan motorola cp 1660 UHF harga pasaran second berapa??

        1. Maaf kurang tahu pak, karena kita hanya jual baru

  10. Hallo, Mau tanya saya punya Type WLN, apakah bisa saya setting dengan freq VHF ?

    1. Kalau ‘walkie talkie’ biasanya hanya frekuensi UHF tinggi saja pak tidak bisa frekuensi VHF

    2. Hallo,mau tanya motorola apx 1000 7/800 itu termasuk pakai frekuensi uhf apa vhf ya terima kasih

      1. APX biasanya HF pak, frekuensi khusus tidak dijual bebas

  11. Berarti HT UHF dan VHF bisa terkoneksi asal frequensi nya sama ya gan?

    1. Kalau antara VHF dengan UHF tidak bisa gan. Karena VHF di frekuensi 136-174 MHz, sedangkan UHF di 300 sampai 470 MHz. Jadi beda frekuensi.

  12. Jadi VHF itu 2 meteran sedangkan UHF itu 11 meteran, betul gak? Kalo HF itu apa ya?

    1. HF biasa dibilang dekameter om

  13. Kalo uhf 70cm bukan 11m

  14. kami punya HT ucomm untuk jarak 1 km sudah putus putus. enaknya ganti antena yang agak panjang?

    1. Kebetulan kami belum pernah jual merk Ucomm. Tapi biasanya ganti antena tidak berpengaruh terlalu signifikan.
      Misalnya ada kastemer kami cerita ditempatnya Motorola bisa 1,5km diganti antena lain malah berkurang jaraknya. Ada juga yang pakai salah satu merk China diganti antenanya hanya bertambah 100-300 meter jarak jangkaunya.

  15. mantap boss
    pengalaman saya pake ht dual band buat komunikasi intern lebih enak uhf
    lebih mudah tembus medan dengan hanya ht tanpa antena tinggi.
    dengan power kecil lebih jauh
    mungkin betul karena pengguna pita uhf lebih sedikit

    1. Mantap pak, terimakasih atas sharingnya

  16. Minta saran pa kl saya hendak membeli ht untuk keperluan touring dengan mobil, dengan jarak yg agak jauh, lebih baik memilih frekuensi UHF atau VHF?

    1. VHF bisa pak, tapi biasanya karena frekuensi vhf sudah padat ada juga yang pakai uhf

  17. kalau radio komunikasinya dual band bisa oom, diganti dulu gelombangnya dari vhaf ke uhf atau sebaliknya

    1. Penerimanya harus frekuensi yang sama yah om

  18. Mau nanya om, freq baofeng yg di angka 4xxx bisa ngak konek dg icom v8, giMna caranya yaaa

    1. Icom V8 frekuensi VHF om, tidak bisa konek ke UHF 400.

  19. Klu Ht quanchen dengan motorola bisa di smakan frekuensinya bang????

    1. ht quansheng yah bang? kalau tidak salah itu dualband yah… HT Motorola itu singleband. Jadi harus dicek dulu HT Motorolanya di frekuensi apa. Kalau di VHF atau di UHF 400 keatas HT quanshungnya disamakan saja frekuensinya. Tapi kalau di UHF 300-390 MHz tidak bisa.

      Kalau HT quanshengnya singleband berarti benar-benar harus sama tipe frekuensi HTnya, VHF: 136-174MHz atau UHF 330-390MHz atau UHF 400-470 MHz. Kalau sudah beda tipe frekuensi tidak bisa disamakan.

  20. saya punya motorola xir p6620i saat ini frekuensi UHF
    apa bisa ditambahkan frekuensi VHF?

    jd 1 radio ht bisa 2 frekuensi

    1. Tidak bisa pak, kalau Motorola UHF tidak bisa ada VHF. Kalau UHF 400 kebawah juga tidak bisa diisi 400 keatas, dan sebaliknya.

  21. Izin bertanya min. Kalau untuk kegiatan outdoor, yg juga ada bangunan, pepohonan, dll.. Baiknya menggunakan frequensi apa ya.

    Tks

    1. kalau frekuensi lebih kuat bisa vhf, tapi kalau terhalang bangunan jaraknya menjadi lebih pendek.

  22. utk antar gedung dgn jarak antara 1km sebaiknyaenggunakan freq apa ? uhf ato vhf ?

    1. Teorinya frekuensi UHF karena frekuensi ini lebih cocok untuk komunikasi dalam ruangan dan jarak dekat meskipun VHF memiliki watt lebih besar, tapi sekali lagi tidak menjadi patokan, banyak faktor lain yang bisa mengganggu daya tangkapnya. Tapi kebanyakan kalau di gedung atau antar gedung menggunakan UHF meskipun terbatas kalau tidak menggunakan repeater.

  23. Om saya mau tanya. Kalau saya pake Motorolla CP 1666 dan teman saya pakai perangkat Baofeng Apa bisa konek, walaupun beda perangkat tapi 1 Frekuwensi

    1. bisa pak kalau frekuensinya sama meskipun merk HT berbeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Positive SSL